(0362) 21843
disperkimta@bulelengkab.go.id
Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan

Cara Memilih Waktu Terbaik untuk Menyiram Tanaman

Admin disperkimta | 25 April 2019 | 157058 kali

Waktu terbaik untuk menyiram tanaman adalah pagi hari, karena akan memberi tanaman waktu untuk mengering sebelum malam hari. Membiarkan air diam di tanaman semalaman bisa memicu pertumbuhan jamur. Penyiraman di saat yang tepat dan dengan menggunakan metode yang tepat akan menjaga tanaman Anda tetap sehat.

Memilih Waktu yang Tepat

Jika memungkinkan, siram tanaman di pagi hari. Pagi hari adalah waktu terbaik untuk menyiram tanaman karena cocok dengan siklus pertumbuhan alami tanaman. Tanaman siap untuk mengonsumsi air di awal pagi hari, ketika matahari sudah terbit namun belum terlalu tinggi. Di siang hari, tanaman sebaiknya disiram sebelum sinar matahari terasa terlalu panas. Tanaman yang terhidrasi akan lebih bisa bertahan dalam menghadapi panas yang ekstrem.

  • Jika Anda menunggu hingga siang atau sore hari, ketika cuaca sedang sangat panas, air justru bisa membakar tanaman. Air yang panas karena terkena sinar matahari akan terlalu panas bagi batang dan daun yang rapuh, serta akan menimbulkan kerusakan pada tanaman tersebut.
  • Coba untuk menyiram tanaman sebelum jam 10 pagi. Ini untuk memastikan air bisa terserap ke dalam tanah dan sedikit mengering sebelum sinar matahari terasa terlalu panas.

Jika pagi hari tidak memungkinkan, siram tanaman di sore hari. Penyiraman di pagi hari mungkin akan sulit dilakukan ketika ada segudang hal lainnya yang juga harus dilakukan. Jika Anda tidak bisa menyiram di pagi hari, tunggu hingga sore hari, saat sinar matahari sudah terasa tidak terlalu panas. Dengan begitu, tanaman tidak akan terbakar dan air masih bisa diserap sebelum malam datang.

  • Jika Anda menunggu hingga siang hari, siram tanaman setelah jam 4 sore. Jika penyiraman dilakukan sebelum jam 4 sore, sinar matahari mungkin akan terlalu panas dan bisa membakar tanaman Anda.
  • Jika Anda harus menyiram di siang hari, lakukan hanya sesekali dan jangan buat jadi kebiasaan yang dilakukan setiap hari.

Jangan menyiram tanaman pada malam hari. Jika tanaman disiram pada malam hari, air tidak akan menguap serta akan diam di daun dan batang tanaman. Tanpa bantuan matahari, tanahnya mungkin akan penuh dengan air dan air tidak akan terserap dengan baik. Hal ini merugikan tanaman karena akan memicu pertumbuhan jamur di sekitar akar, batang dan daun.

  • Siram tanaman di malam hari hanya jika terpaksa, yaitu ketika tanaman Anda sangat membutuhkan air dan Anda tidak bisa menunggu sampai pagi hari.
  • Jika Anda menyiram di malam hari, gunakan lebih sedikit air agar tanahnya tidak penuh dengan air.