(0362) 21843
disperkimta@bulelengkab.go.id
Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan

Cara Merawat Pucuk Merah Agar Tumbuh Dengan Baik

Admin disperkimta | 19 Maret 2018 | 61479 kali

Tanaman hias tak hanya bisa digunakan sebagai penghias ruang indoor saja, melainkan juga dapat dimanfaatkan untuk mempercantik ruang outdoor, seperti di pekarangan ataupun taman rumah. Dan salah satu jenis tanaman hias yang acapkali dipakai sebagai penghias ruang outdoor adalah Pucuk Merah. Hadirnya tanaman bernama latin Syzygium Oleana ini di pekarangan rumah, akan membuat rumah tampak begitu asri dan teduh. Hebatnya lagi, pucuk merah dapat hidup hingga puluhan tahun, dengan diameter bisa mencapai 30 cm dan tinggi mencapai 7 meter.

  1. Pemilihan Media Tanam
    Mengingat pucuk merah dapat tumbuh cukup besar, sebaiknya tanaman ini tidak ditanam di dalam pot agar bisa tumbuh secara maksimal. Jika ditanam secara berjajar, berilah jarak sekira 50-150cm antara pucuk merah satu dengan lainnya. Namun bila Anda tidak memiliki luas tanah yang cukup, barulah media pot dapat menjadi alternatif untuk menanam pucuk merah. Bila menanam pucuk merah dengan media pot, Anda harus mengimbanginya dengan pengawasan pertumbuhan tanaman, yakni jika pucuk merah mulai terlihat tumbuh besar maka segeralah pindah tanaman tersebut ke media pot yang lebih besar.
  2. Sinar Matahari
    Agar pucuk merah dapat tumbuh maksimal dan indah, tanam atau tempatkanlah pucuk merah di tempat yang banyak terkena sinar matahari. Hal ini akan membuat tanaman terus menghasilkan tunas dan daun yang berwarna merah.
  3. Pemangkasan
    Agar pucuk merah tetap indah dan tetap menghasilkan pucuk-pucuk baru yang berwarna merah, perlu dilakukan pemangkasan secara berkala terhadap daun-daun yang sudah tua. Adapun saat melakukan pemangkasan sebaiknya dilakukan tepat di bagian ruas cabang. Hal tersebut dilakukan agar tunas baru bisa segera tumbuh dari bagian ruas yang telah dipangkas. Pemangkasan tersebut dapat dilakukan secara berkala dengan waktu minimal 2 minggu sekali. selain itu, untuk mendapatkan bentuk tajuk yang indah dari tanaman ini, pangkaslah sesuai keinginan, mulai dari berbentuk kotak, cemara, bulat, ataupun bentuk lainnya.
  4. Penyiraman dan Pemupukan
    Lakukanlah penyiraman setiap hari untuk menjaga pertumbuhan dan kesuburan pucuk merah. Selain itu berilah pupuk secara berkala, yakni minimal 2 bulan sekali agar tanaman tetap dapat tumbuh sehat dan baik. 
Download disini