(0362) 21843
disperkimta@bulelengkab.go.id
Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan

5 tips menjaga kebersihan lingkungan kantor

Admin disperkimta | 15 Juli 2019 | 1348 kali

Sebagian besar dari kita telah menghabiskan 40 jam seminggu di kantor. Maka dari itu sangat normal apabila kita berpikir bahwa kantor adalah rumah kedua kita setiap harinya. Untuk alasan ini, penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan lingkungan kantor dengan cara yang sama seperti dengan cara Anda menjaga kebersihan lingkungan rumah.

Berikut adalah 5 tips mudah cara menjaga kebersihan lingkungan kantor yang dapat Anda terapkan saat ini juga di kantor:

1. Meningkatkan kebersihan tangan

Dengan tingginya frekuensi kontak antara tangan Anda dengan beberapa elemen-elemen yang berada di dalam kantor, seperti meja, kursi, telepon serta keyboard dan mouse komputer maka sangat penting bagi Anda untuk meningkatkan kebersihan lingkungan dan kebersihan diri, khususnya untuk kebersihan tangan. Meningkatkan kebersihan tangan di lingkungan kantor dengan menggunakan sanitizer tangan dan menanamkan budaya kebiasaan mencuci tangan yang tepat akan dapat membantu risiko kontaminasi silang di antara karyawan.

2. Waspadalah terhadap kuman yang bersembunyi di area kantor

Penyebaran kuman dan bakteri dapat disebabkan oleh beberapa kontak, dan salah satunya berasal dari kontak karyawan yang tidak sehat. Pastikan Anda untuk membuang limbah tisu yang Anda pakai ketika bersin ke dalam tempat sampah dan mencuci tangan setelahnya. Selain membantu meningkatkan standar kebersihan di lingkungan kerja Anda juga mampu mencegah penularan penyakit ke karyawan yang sehat. Apabila Anda menggunakan sapu tangan, pastikan untuk tidak membiarkan sapu tangan Anda berkeliaran di atas meja kerja.

3. Menanamkan praktik kebersihan diri di lingkungan toilet kantor

Kebiasaan untuk tidak menanamkan praktik kebersihan diri di lingkungan toilet kantor juga merupakan risiko lain dalam penyebaran kontaminasi silang. Tidak menutup dudukan toilet ketika proses pembilasan dapat memicu timbulnya efek bersin yang dihasilkan oleh kloset. Selain itu, tidak membuang limbah pembalut ke tempat sampah pembalut yang disediakan dan lebih memilih untuk membuangnya ke dalam kloset atau tidak membersihkan dudukan toilet dengan pembersih dudukan toilet yang disediakan ketika meninggalkan toilet, merupakan beberapa kebiasaan jorok di toilet kantor yang perlu Anda hindari.

Lantai yang basah bukan hanya menjadi keluhan biasa yang umum di keluhkan pengguna toilet kantor, namun juga dapat meningkatkan risiko bahaya tergelincir dan terjatuh. Ingatlah selalu untuk mengeringkan tangan Anda dengan tisu tangan atau mesin pengering tangan yang disediakan oleh pengelola – dibandingkan harus membiarkan tangan Anda ikut membasahi lantai toilet.

4. Berhentilah mengonsumsi makanan dan minuman di meja kerja

Makan dan minum di tempat kerja adalah praktik umum yang dikerjakan oleh karyawan kantor. Meskipun membawa kenyamanan pada karyawan, lingkungan kerja mampu menyimpan banyak bakteri berbahaya dan menempatkan karyawan pada risiko kontaminasi silang selama mereka asyik menikmati makanan dan minuman di meja kerja. Tentu saja! kebiasaan ini juga sangat menarik munculnya hama-hama seperti kecoa dan semut yang menjadikan remah-remah makanan Anda menjadi sumber makanan mereka.

5. Ingatlah! Kebersihan berawal tepat di depan pintu Anda!

Ketika kita kembali dari makan siang atau keluar sejenak dari lingkungan kantor, kita bisa membawa debu, kotoran dan kuman yang menempel disepatu Anda! Saat kita sedang dalam situasi dan jadwal yang sibuk, hal-hal sepele yang menjadi salah satu sumber kontaminasi silang seperti ini seringkali cenderung diabaikan.

Padahal Anda dapat meminimalkan risiko ini dengan mengoptimalkan perawatan lantai menggunakan keset pintu yang dirancang untuk memiliki daya serap yang tinggi dalam menangkap setiap debu dan kotoran yang terbawa oleh sepatu Anda.

 

Sumber berita : https://www.calmic.co.id/_knowledge-advice/2018/02/06/5-tips-menjaga-kebersihan-lingkungan-kantor.html