(0362) 21843
disperkimta@bulelengkab.go.id
Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan

Apa Jadinya Jika Hidup Tanpa Suatu Masalah?

Admin disperkimta | 07 Mei 2018 | 10823 kali

Masalah memang bisa terjadi kapan & dimana saja, tapi apakah kita tau kapan masalah akan datang? Siapkah kita menerima suatu masalah? Suatu pertanyaan yang tidak perlu dijawab ya gan, karena dalam hidup pasti kita tidak luput dari namanya suatu masalah. Karena masalah itu bukan untuk dihindari tetapi dihadapi, namun sebisa mungkin kita selalu melakukan yang terbaik agar kita tidak terlibat pada suatu masalah.

Adakalanya seseorang tidak ingin terlibat pada suatu masalah, tetapi pada kenyataannya orang yang tidak bersalah sekalipun dijaman sekarang ini bisa saja terlibat pada suatu masalah, entah di lingkungan keluarga sendiri, teman, lingkungan kerja atau dimana pun seakan-akan masalah timbul secara disengaja tanpa kita tau siapa-siapa saja pihak yang bakal terlibat pada masalah tersebut.


1. Hidup Terkesan Monoton Tanpa Tantangan

Hidup tanpa masalah bagaikan sayur tanpa garam, terasa hampa, tapi mana ada juga ya orang yang mau terlibat masalah? Pasti ngga ada yang mau ya gan. Mungkin maksudnya masalah yang secara tidak langsung, yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya dan memang betul-betul datang tanpa kita tau sumber masalahnya. Tetapi ada juga dari kesalahan yang sudah kita buat sendiri yang ujung-ujungnya timbul masalah. Dengan adanya masalah kita akan lebih peka, lebih kritis lagi dalam bertindak atau membuat keputusan, yang pada akhirnya kita akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya.

2. Pikiran Seseorang Sulit Berkembang

Seseorang yang hidupnya jauh dari masalah bukan berarti dia tidak punya masalah tetapi lebih kepada menjaga diri agar tidak terlibat lebih jauh dari masalah-masalah yang mungkin bisa fatal terjadi. Masalah itu akan membuat seseorang untuk membuka lebih dalam pikirannya, untuk bisa mengkaji kembali kenapa masalah itu bisa terjadi sehingga secara tidak langsung akan membuat otak kita bekerja mencari solusi dari masalah tersebut menjadi lebih berkembang dan pada akhirnya bisa lebih bijak dalam menyikapi semua masalah.

3. Sulitnya Perubahan Hidup Pada Seseorang

Perubahan hidup seseorang bisa terjadi karena belajar dari suatu masalah, belajar dari pengalaman. Sekarang jika seseorang hidupnya misalkan selalu di zona nyaman, tidak mau mencoba sesuatu yang baru untuk perkembangan hidupnya, sudah dipastikan kehidupannya akan begitu-begitu saja, tidak akan terjadi perubahan yang signifikan pada kehidupannya. Dari sinilah seseorang dituntut untuk mencoba ambil resiko meskipun dalam prosesnya timbul masalah berat tetapi hasil yang akan didapat diharapkan kedepannya bisa jauh lebih memuaskan.

4. Problem Solving Tidak Diperlukan Lagi

Poin kelima ini merupakan satu-satunya jalan bagi siapa saja yang sedang ditimpa masalah, karena masalah datang bukan untuk diratapi atau dipikirkan berlarut-larut tetapi untuk dicari solusi atau jalan keluarnya. Kalau di dunia ini tanpa adanya masalah secara logika problem solving ini tidak ada gunanya ya gan karena semua orang hidup berjalan apa adanya dan baik-baik saja.

 

Sumber berita : https://www.memecomic.id/artikeldetil/1191-apa-jadinya-jika-hidup-tanpa-suatu-masalah