(0362) 21843
disperkimta@bulelengkab.go.id
Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan

Kegiatan Penanaman Pohon di Hutan Kota Singaraja

Admin disperkimta | 03 Desember 2018 | 1231 kali

Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang bertepatan pada hari Rabu, 28 Nopember 2018, Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) bekerjasama dengan PLN Area Bali Utara dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) menggelar penanaman pohon sebanyak 1.000 pohon di Hutan Kota Singaraja.

Dalam sambutan Plt Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Buleleng NI Nyoman Surattini, ST menjelaskan bahwa kegiatan penanaman pohon tahun 2018 di Kabupaten Buleleng dilaksanakan di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Buleleng, Kecamatan Seririt dan Kecamatan Tejakula dengan total jumlah 5.380 pohon. Kegiatan penanaman pohon merupakan sebuah upaya penghijauan kawasan ruang terbuka hijau (RTH) publik dan juga memberikan manfaat hasil bagi masyarakat. Adapun jenis pohon yang ditanam pada Hutan Kota Singaraja seluas 1, 97 hektar yaitu, pohon beringin, dewan daru, cendana, kaliasem, duku, cempaka putih, badung dan ceroring.

Sementara itu, dalam sambutan General Manager PLN Distribusi Bali Nyoman Suwarjoni Astawa menerangkan bahwa gerakan penanaman pohon serentak dilakukan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat bukan hanya sebagai penghijauan namun juga dapat menikmati hasil buah dari pohon yang ditanam. Harapannya, dengan ditanamnya jenis pohon yang dapat dinikmati hasilnya, masyarakat bisa turut merawat keberadaan pohon dimaksud.

Selanjutnya, dalam sambutan Bupati Buleleng yang diwakili oleh Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG menyambut baik kegiatan penanaman pohon tersebut. Selain itu, Wabup Sutjidra juga menerangkan bahwa kedepannya akan dilakukan pembangunan akses ke RTH publik Hutan Kota Singaraja dan juga penataannya. Salah satu upaya yang telah dilakukan yaitu pembangunan jembatan bambu agar masyarakat bisa mencapai Hutan Kota Singaraja. Wabup Sutjidra berharap kedepannya melalui kerjasama yang baik antara Pemkab Buleleng dengan PLN dapat memberikan pembangunan Buleleng yang lebih baik lagi sehingga tujuan Buleleng hijau, bersih dan indah dapat tercapai semaksimal mungkin.