(0362) 21843
disperkimta@bulelengkab.go.id
Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan

Menciptakan Lingkungan Asri di Sekitar Anda

Admin disperkimta | 09 April 2018 | 6653 kali

Didalam hidup ini, meciptakan rumah yang sehat bukanlah satu-satunya hal yang harus anda perhatikan karena pada kenyataannya lingkungan asri juga merupakan satu hal penting yang harus anda ketahui. Tentu saja, lingkungan semacam ini adalah satu jenis lingkungan yang sudah anda ketahui. Saat anda ditanya mengenai pengertian dari lingkungan semacam itu, sudah pasti anda akan menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban semacam ini, lingkungan semacam itu adalah sebuah lingkungan di mana kita bisa menemukan banyak jenis pepohonan dan tumbuhan yang membuat pemandangan dan suasana menjadi hijau dan juga sejuk. Ya, pengertian semacam itu adalah pengertian yang lebih mudah dipahami oleh banyak orang di berbagai wilayah. Yang menjadi pertanyaan adalah, tertarikkah anda untuk mempunyai lingkungan semacam itu di sekitar anda? Jika anda sebenarnya tertarik tetapi anda tidak tahu pasti mengenai apa yang harus anda lakukan, berikut adalah beberapa saran yang bisa anda ikuti.

Jika anda ingin menciptakan lingkungan asri, anda tidak perlu memikirkan untuk membuat seluruh bagian dari desa atau perumahan anda untuk menjadi asri. Daripada melakukan hal semacam itu, anda sebenarnya bisa memulai dari lingkungan anda sendiri, yang tentunya adalah area rumah anda. Pertama-tama, anda bisa memulai dengan merombak halaman rumah anda. Buatlah taman di sana guna menciptakan suasana asri yang anda inginkan. Daripada menggunakan paving block untuk menutupi seluruh area halaman anda, akan lebih baik jika anda memilih satu jenis rumput, seperti rumput manila untuk menutupi halaman rumah anda. Tentu saja anda tidak perlu menutupi seluruh halaman anda karena tentu anda masih membutuhkan semacam jalan masuk, termasuk yang didesain untuk kendaraan anda. Setelah itu, anda bisa mulai memilih beberapa jenis pohon untuk anda tanam. Jika halaman anda tidak terlalu besar, pastikan anda memilih pohon yang ukurannya juga tidak terlalu besar. Setelah itu, anda bisa menanam beberapa tanaman hias untuk menambah keindahan dan juga kesan asri di rumah anda. Dapat anda bayangkan betapa nyamannya duduk di teras rumah anda sambil menikmati secangkir teh hangat dan memandang betapa indah dan sejuknya halaman rumah anda. Siapapun yang datang ke sana tentu akan berpikir sama seperti anda sekarang ini.

Jika anda masih mempunyai ruang luar yang bisa anda manfaatkan di dalam atau di bagian halaman belakang rumah anda, tentu anda juga bisa membuat ruang kosong tersebut menjadi asri seperti halaman depan rumah anda. Jika anda mau dan telaten, anda boleh membuat kolam ikan karena ini juga bisa menciptakan suasana yang sejuk dan asri, terutama saat suara gemericik air terdengar. Guna membuat kolam ikan anda menjadi lebih enak dilihat, anda bisa menambahkan sejenis bunga air seperti teratai. Bunga air semacam ini tidak hanya membuat kolam ikan anda menjadi indah, tetapi juga terlihat lebih alami. Membuat rumah anda manjadi asri tentu adalah hal baik yang harus anda coba untuk lakukan. Dengan membuat rumah yang asri, maka akan ada kemungkinan bahwa orang-orang di desa atau perumahan tempat anda tinggal akan menjadi tergerak untuk membuat suasana rumah yang sama. Dengan demikian, akan ada semakin banyak rumah asri tersedia sehingga lingkungan yang anda inginkan akan juga tersedia dengan sendirinya. Hidup di lingkungan asri yang sejuk semacam ini tentulah bagus untuk anda dan keluarga, ()