(0362) 21843
disperkimta@bulelengkab.go.id
Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan

Taman Tropis

Admin disperkimta | 22 Maret 2018 | 4491 kali

Taman tropis biasanya dipenuhi dengan tanaman-tanaman tropis yang mereka selalu bertahan sepanjang tahun. Tanaman-tanaman tersebut ditata dengan apik berdasarkan ketinggian atau komposisi warna sesuai dengan konsep yang di rencanakan oleh desainer dan pemilik taman.

Secara umum taman yang tropis banyak mengadopsi hutan tropis yang penuh dengan pepohonan berwarna hijau dengan beragam jenis tanaman. Taman dengan lahan yang luas bisa menempatkan pohon besar dan banyak tanaman tropis dengan menghadirkan air terjun mini, sungai buatan serta kolam ikan, bahkan kolam renang. Berderet pohon-pohon raksasa, tanaman yang didominasi oleh warna hijau, daun pohon yang rindang menjadi peneduh dari panasnya matahari. Batu-batu kali yang dipotong dan disusun juga menjadi salah satu karakteristik taman bergaya tropis.

Pohon palem, bambu, rerumputan, bunga soka, tanaman tudung, kamboja, flamboyan adalah contoh dari tanaman tropis. Pemandangan warna-warni pada tanaman hias tersebut bisa ditata menjadi hamparan taman yang mendukung gaya resor.

Meskipun sering dikritik karena tumbuh terlalu besar atau melayang, pohon palem dan bambu akan menguntungkan gaya dan suasana kebun – mereka menyediakan desahan dedaunan di angin, melengkapi taman dengan langit-langit seperti pakis dan dinding hijau yang rapat, dan melakukan pekerjaan yang bagus dalam penyaringan privasi.

Konsep taman tropis tidak hanya diterapkan bagi Anda yang memiliki taman berukuran luas. Anda yang memiliki lahan sempitpun tetap bisa membuat taman bergaya tropis. Menempatkan tanaman gantung maupun menghadirkan pot-pot dengan bambu air, bambu mini, lidah buaya adalah solusi bagi Anda yang memiliki lahan sempit. Menempatkan mereka di salah satu dinding teras juga memberikan efek menyejukkan.