(0362) 21843
disperkimta@bulelengkab.go.id
Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan

Rapat Pemaparan Usulan Kegiatan Pencegahan Permukiman Kumuh Program KOTAKU tahun 2017

Admin disperkimta | 08 Juni 2017 | 1077 kali

Rabu 7 Juni 2017, bertempat di Ruang Rapat Unit IV Kantor Bupati Buleleng diselenggarakan rapat pemaparan usulan kegiatan pencegahan permukiman kumuh program KOTAKU tahun 2017, Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan selaku anggota Kelompok Kerja Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (Pokja PKP) yang diwakilkan oleh Kepala Seksi Permukiman Made Agus Suardana, ST dan Kepala Seksi Perencanaan Perumahan dan Permukiman I Made Sudarmika, ST. hadir selaku tim penilai pemaparan usulan program KOTAKU.

Rapat dipimpin oleh Kepala Dinas Lingkunga Hidup Kabupaten Buleleng, Bpk Ir. Nyoman Genep, MT. selaku anggota tim pengarah Pokja PKP dan dihadiri oleh anggota Tim Pokja PKP, Satker PKP Propinsi, Askot Mandiri, OSP 7 Bali dan BKM Desa/Kelurahan yang menyampaikan pemaparan.

Desa/Kelurahan yang berkesempatan dalam pemaparan tersebut diantaranya : Kelurahan Banyuning, Kelurahan Kendran, Kelurahan Beratan, Desa Petandakan, Desa Poh Bergong, Desa Sari Mekar dan Desa Tukad Mungga. Berbagai program kegiatan yang dipaparkan oleh perwakilan dari Desa/Kelurahan dalam pencegahan lingkungan kumuh, diantaranya program pembangunan saluran drainase, peningkatan kualitas jalan lingkungan dengan rabat beton atau pavingisasi, pembangunan ruang terbuka hijau dan peningkatan kualitas sanitasi.

Adapun yang menjadi point penilaian tim penilai diantaranya : lingkup pekerjaan dalam satu kawasan terpadu, legalitas lahan tidak bermasalah, jumlah penduduk/KK yang tertangani, pernah tidaknya kawasan tersebut memperoleh bantuan serupa dan seberapa luas kawasan yang ditangani dapat mengurangi luasan kawasan kumuh perkotaan.

Langkah selanjutnya dilaksanakan perekapan nilai oleh tim penilai Pokja dan ditetapkan sebagai desa/kelurahan penerima bantuan program pencegahan setelah diajukan kepada Satker PKP.