(0362) 21843
disperkimta@bulelengkab.go.id
Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan

RANCANGAN PROGRAM KERJA PPID KAB. BULELENG TAHUN 2018

Admin disperkimta | 10 April 2018 | 986 kali

Pada hari ini Selasa, 10 April 2018 bertempat di Gedung Unit IV Kantor Bupati Buleleng, telah berlangsung rapat rutin (I) yaitu Evaluasi Pelaksanaan Pejabat Pengelola Pelaksanaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Buleleng Tahun 2017 dan Pembahasan Program Kerja PPID Tahun 2018.
Rapat dipimpin oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Buleleng Dr. Drs. I Ketut Suweca M.Si. didampingi oleh Sekretaris Dinas Kominfosandi I Ketut Yadnya, SH. serta Kabag Humas dan Protokol yang diwakili oleh Kasubag Dokumentasi dan Informasi pada Bagian Humas dan Protokol Nyoman Mariani Febrianti, S.Sos.,M.A.P. serta dihadiri pula oleh seluruh PPID pembantu dari masing-masing SKPD.

Pada rapat tersebut, Kepala Bagian Humas dan Protokol selaku Ketua PPID sebelumnya, yang diwakili oleh Kasubag Dokumentasi dan Informasi, Nyoman Mariani Febrianti, S.Sos., M.A.P. memaparkan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh PPID Kab Buleleng pd Tahun 2017. Kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain:
1. Menyelenggarakan rapat koordinasi setiap Triwulan.
2. Pembuatan Website PPID.
3.Sosialisasi SOP. PPID melalui media Banner.
4.Study Banding ke Prov. Jatim.
5.Menyusunan Daftar Informasi Publik dan Daftar Informasi yang dikecualikan.
6.Penyusunan buku pedoman PPID

Dijelaskan pula bahwa PPID Kab. Buleleng telah berjalan dengan baik, pelayanan informasi sudah dilaksanakan oleh Tim PPID, baik di PPID utama maupun di PPID Pembantu. Kelengkapan yang harus dimiliki oleh PPID juga telah tersedia seperti keberadaan PPID yang dibuktikan dengan adanya SK Tim PPID, SOP PPID, daftar informasi publik, Website PPID, ruang layanan informasi pada PPID utama dan PPID pembantu, serta adanya dana untuk menunjang pelaksanaan kegiatan PPID.

Selanjutnya, pada kesempatan itu Pimpinan rapat memaparkan Rancangan Program Kerja PPID Kabupaten Buleleng Tahun 2018 dan telah dibahas secara alot bersama peserta rapat, sehingga menghasilkan Rancangan Program/kegiatan sebagai berikut:
1. rapat rutin (I) pada bulan April 2018
2.Seminar tentang Cara Cerdas Berantas Hoax, pada bulan Mei 2018
3. Rapat internal PPID tentang pemantapan pemanfaatan Website PPID, pada bulan Juni 2018
4.Bulan Juli 2018 diadakan sosialisasi Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik dan Undang-undang ITE.
5. Persiapan Penilaian Kinerja PPID oleh Komisi Informasi Publik (KIP) Bali diselenggarakan bulan Agustus 2018.
6.Bulan September 2018 melakukan kunjungan kerja ke PPID kab/kota/prov yang sudah sangat baik dlm melaksanakan tugas dan fungsi PPID
7.Pembuatan Banner dan Profil PPID pada bulan Oktober 2018
8.Rapat Rutin (II) dengan acara Evaluasi Kegiatan 2018 dan Penyusunan Program Kegiatan Tahun 2019

Untuk diketahui, PPID Kab Buleleng terbentuk pada tahun 2015, dengan Kabag Humas dan Protokol selaku Ketua PPID. Kemudian pada Tahun 2018 berdasarkan SK Bupati Buleleng No. 481.2/277/HK/2018 tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kabupaten Buleleng, tugas selaku Ketua PPID Kab Buleleng diemban oleh Kepala Dinas Kominfosandi Kab Buleleng.